Bagus Mana? Samsung Galaxy S5 atau Apple iPhone 5S


Jika Apple belum mengeluarkan iPhone 6, mungkin inilah rivalitas terhebat dalam industri smartphones: yakni iPhone 5S vs Samsung Galaxy S5. Bandingkan keduanya! Bergabunglah bersama Gizmag, karena kami membandingkan fitur dan spesifikasi iPhone dan Samsung.

Ukuran
Samsung Galaxy S5 datang dengan ukuran 142x73x8.1 mm. Musuhnya, iPhone 5S datang dengan ukuran 124x59x7.6mm. Saat ini, iPhone bisa jadi merupakan ponsel pintar terkecil dengan kualitas terbaik yang pernah ada.  Samsung Galaxy S5 lebih panjang 15 persen, lebih lebar 24 persen, dan tujuh persen lebih tebal daripada iPhone 5S.

Berat
Samsung Galaxy S5 berbobot 145 gram, sedangkan iPhone 5S diproduksi dengan berat sekitar 112 gram. Smartphone lebih kecil cenderung lebih ringan, dan iPhone 5S tak diragukan lagi dalam hal ini. iPhone 5S lebih ringan 23 persen daripada Samsung Galaxy S5.

Bentuk
iPhone 5S dibuat dengan bahan aluminium, bukan plastik. Samsung Galaxy S5, memiliki casing mirip kulit dengan lubang-lubang kecil khas Samsung. Dalam hal ini Samsung lebih banyak dipilih.

Warna
Samsung Galaxy S5 datang dengan empat varian warna, sedangkan iPhone 5S hanya diproduksi dengan tiga varian warna. Samsung Galaxy S5 lebih banyak pilihan varian warna daripada iPhone 5S. Perlu diketahui bahwa tidak semua pilihan warna Samsung Galaxy S5 tersedia dipasaran nantinya.

Tampilan
Samsung Galaxy S5 datang dengan tampilan 5.1 inchi, 1920x1080, 16:9 dan 432 pixels/inchi. iPhone 5S datang dengan tampilan 4 inchi, luas 1136x640, dan 326 pixels/inchi. Samsung Galaxy S5 lebih lebar dan lebih tajam. Samsung Galaxy S5 memberimu kenyamanan lebih sebanyak 65 persen daripada iPhone 5S, serta pixel yang lebih tajan 185 persen. Namun kami tidak akan begitu mempertimbangkan hitungan pixel, karena iPhone's Retina Display, yang meski resolusinya kecil, namun memiliki kualitas gambar yang keren. Tapi beda jika urusan lebar, karena iPhone 5S dirasa lebih kecil dibanding smartphone lain, termasuk Samsung Galaxy S5.

Sensor Fingerprint/ Pemindai
Samsung jelas sekali ingin menyaingi iPhone 5S dalam urusan sensor fingerprint. Sebelumnya iPhone 5S terkenal dengan fitur utamanya, Touch ID fingerprint sensor.  Satu perbedaan mendasar adalah, jika di iPhone 5S, kamu bisa meng-unlock iPhone dengan meletakkan jarimu di tombol home dalam waktu kurang dari satu detik. Namun dalam Samsung Galaxy S5, kamu harus menggerakkan jarimu dari bawah layar ke tombol Home.

Salah satu keunggulan sensor fingerprint Samsung Galaxy S5 adalah kerjasamanya dengan PayPal. Jadi kamu yang punya akun PayPal bisa memverifikasi akun PayPal lewat Samsung Galaxy S5. Opsi pembayaran lewat sensor fingerprint iPhone masih terbatas, khususnya pada iTunes dan App Stores.

Heart Rate Minor
Samsung terus memperbaiki kualitas chipnya dengan memasang chip pada pot S Health-nya tahun ini. Chip ini berfungsi memberikan informasi tentang kesehatan Samsung Galaxy S5, serta menyampaikan keadaan tentang heart rate (denyut jantung) Samsung Galaxy S5 itu sendiri. Sensor tersebut terdapat dibawah kamera depan.

Processor
Samsung Galaxy S5 beroperasi dengan prosesor Snapdragon 801, 32 bit quadcore 2.5GHz. iPhone 5S berjalan dengan prosesor Apple A7, 64 bit dual core 1.3GHz. Jika kamu tinggal di kawasan yang terdapat LTE, kamu bakal dapat prosesor Qualcomm dengan Snapdragon 801 baru di dalamnya. Di kawasan lain, Samsung Galaxy S5, bisa jadi cuma memakai Exynos octa-core silicon di dalamnya.

RAM
Samsung Galaxy S5 beroperasi dengan RAM sebesar 2GB, dua kali lebih besar daripada iPhone 5S yang hanya 1GB.

Media Penyimpanan
iPhone 5S datang dengan tiga varian media penyimpanan sebesar 16, 32, dan 64 GB. Sedangkan Samsung Galaxy S5 hanya diproduksi dengan kapasitas media penyimpanan sebesar 16 dan 32GB, namun memiliki slot MicroSD yang bisa dipasangi media penyimpanan external hingga 128 GB.

Baterai 
Ponsel Samsung memerlukan daya baterai yang besar, 2.800 mAh untuk menghidupi display yang lebar dengan pixel yang besar. iPhone 5S beroperasi dengan daya baterai sebesar 1,570 mAh.

Ultra Power Saving Mode
Salah satu fitur yang bakal bikin kamu heran dengan Samsung Galaxys S5 adalah fitur Ultra Power Saving Mode. Kamu bisa mengatur Samsung Galaxy S5 punyamu agar ketika ia mencapai baterai yang kritis, ia akan merubah displaynya jadi hitam-putih dan membatasi operasi aplikasi tertentu. Samsung mengklaim bahwa fitur Ultra Power Saving Mode ini dapat membuat baterai yang tinggal 10 persen tetap hidup hingga 24 jam! Jika benar, inilah terobosan teknologi smartphone yang menakjubkan.

Kamera
Samsung Galaxy S5 memiliki kamera utama sebesar 16 MP, dengan kamera depan 2MP. iPhone 5S sebagaimana diketahui memiliki kamera utama sebesar 8MP dan kamera depan 1.2MP.  Kamera Samsung Galaxy S5 menang dengan mudah jika penilaian didasarkan pada besaran MegaPixelnya. Tapi fitur kameranya bisa jadi masih kalah dengan iPhone 5S.

Post-Shot Refocusing
Fitur ini mencakup Selective Focus, yang memungkinkan bagi kamu untuk memilik bagian mana dari suatu foto yang akan dijadikan fokus, bahkan setelah kamu menjepretnya.

4K Video Recording
Samsung Galaxy S5 juga memiliki fitur 4K video recording.  Memang bukan urusan penting sih, karena hanya sedikit di antara kita yang memiliki layar yang mampu menampilkan video 4K. Tapi kamu juga perlu tahu bahwa Samsung Galaxy S5 adalah smartphone futuristik, jika suatu saat nanti Ulta HD TV tidak lagi dipakai oleh umat manusia.

Video Slow-motion
Seperti halnya iPhone 5S, Samsung Galaxy S5 juga memiliki kemampuan untuk merekan video dalam gerak lambat (slow-motion) dengan kecepatan 120 fram per detik.

Infrared
Jika kamu ingin menggunakan Samsung Galaxy S5 jadi remot TV, bisa kok!

Kedap Air (Water Resistance)
Seperti halnya Samsung Galaxy S4 Active (serta Sony Xperia dan variannya), Samsung Galaxy S5 kedap air dan kedap debu dengan tingkat kekedapan mencapai IP67.

Software
Samsung Galaxy S5 beroperasi dengan sistem Android 4.4.2, TouchWiz UI. iPhone 5S beroperasi dengan sistem iOS 7.0.6. Samsung Galaxy S5 diluncurkan dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat, dan TouchWiz. Meski begitu, Samsung sendiri sedang mempertimbangkan memakai fitur-fitur baru bajillion dalam skin versi custom.

Siklus Rilis
Samsung Galaxys S5 akan beredar dipasaran mulai April 2014 sedangkan iPhone 5S telah diluncurkan sejak September 2013. Samsung Galaxy S5 akan didrop mulai 11 April, meski di beberapa daerah harus sedikit terlambat, termasuk Indonesia. iPhone 5S telah beredar sejak September 2013, berarti sudah setengah tahun lebih awal dari Samsung Galaxy S5.

Harga Awal (Perkiraan)
iPhone 5S dijual dengan harga US $650. Belum ada kabar resmi berapa Samsung Galaxy S5 akan dijual. Mungkin sedikit lebih mahal daripada Samsung Galaxy S4.

For more on the 5s, you can check out our review from back in September. If you own a Galaxy S4 and are wondering if the GS5 is worth the upgrade, you can check out our comparison of Samsung's last two flagships.(Will Shanklin/GizMag/iPhone-OI/nugrohoirfan)

32 Komentar untuk "Bagus Mana? Samsung Galaxy S5 atau Apple iPhone 5S"

  1. Samsung Galaxy S5 beroperasi dengan prosesor Snapdragon 801, 32 bit quadcore 2.5GHz. iPhone 5S berjalan dengan prosesor Apple A7, 64 bit dual core 1.3GHz.

    BalasHapus
  2. ngapain iphone 5s dibandingin sama samsung galaxy s 5,,,ya kalah jauh,,, harusnya iphone 5s dibandingin sama samsung galaxy y duos,,, wkwkwkwkwwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba yuk situ beli yDuos ane make ipod nya ajah deh yg make A5 512ram... maen aspalt 8 ajah deh ga usah yg laen... bagai mana..?? berani..??? datang ke rumah ane... ANE TUNGGU!

      Hapus
  3. Bilang aja lo gak mampu beli iphone 5s,,wkwkwkwk.....

    BalasHapus
  4. Mehong alias mahal sekale itu harga iphone 5 s drpd harga samsung galaxy s 5 lebih jauh mura good de persaingan antara spesifikasi&harganya dr kedua product itu.

    BalasHapus
  5. memang Betul Iphone 5s sudah menggunakan arsitektur 64bit.. tapi bagaimana dengan os nya??
    apakah IOS yang dipake iphone 5s juga 64bit??
    saya rasa kalian sudah pada tau kalo processor komputer menggunakan x86/x64 arsitektur baik intel maupun amd sejak 5-6 tahun yang lalu..
    tapi apakah kalian tau kelebihan processor dan OS 64 bit??
    processor 64bit di gabung dengan os 64 bit akan lebih cepat jika dibanding menggunakan OS 32bit..
    TAPIIII ingat!!! itu hanya berlaku bila RAM anda diatas 3GB
    karena jika hanya menggunakan ram 1 atau 2 GB saja, maka tidak banyak perbedaan antara 32bit dan 64bit..
    jadi apa gunanya menggunakan processor 64bit tapi aplikasi dan OS hanya 32 bit??
    not much difference!!!
    apa yang kalian beli dari iphone??
    apakah kalian hanya membuang uang 7jt++ untuk OS 32bit??
    atau membuang uang 7jt++ untuk casing metal??
    atau membuang uang 7jt++ untuk teknologi 2 tahun yang lalu??
    oh come on people.. wake up.. apple hanya menjual OS dan nama..
    hardware iphone 5s hanya setrara dengan samsung galaxy s3..
    lihat kenyataan..
    apakah kalian beli hape ato beli OS???
    ios stabil?? no lag?? halus??
    ya ia lah.. karena IOS di desain khusus untuk iphone..
    sama halnya symbian pernah didesain khusus untuk nokia dan windows phone didesain khusus untuk nokia lumia..
    walaupun lisensi os symbian dan windows phone ada vendor lain yang menggunakan tapi tidak banyak..
    sayang iphone 5s yang dikatakan mempunyai processor 64bit dan gpu terbaik tapi menjalankan psp emulator hanya bisa 15-20 fps doank.. hellowww!! is it real 64 bit processor?? are you sure??
    can't play 4k videos?? recording video just for 1080?? teknologi tua!! kasian para fan iphone yang hanya membeli os namun tidak mengetahui bahwa hardware mereka teknologi telat berapa taun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mas blm pernah pake iphone ya????

      Hapus
    2. Iphon walaupun pake sedikit ram tidak pernah nge heng, tidak seperti androit| iphon walaupun batrenya lebih sedikit tapi jarang ada kluhan batri drop || gini aja, coba tes ipho 5s sama samsung s5 trus downloatin 10 game trus buka semua aplikasi game semuanya, yg nge heng pasti akan trasa d samsung s5

      Hapus
    3. Nah... Kaya gini contoh orang yang cuma berpikir spec asalah segalanya.

      Beli OS? Hallo... Anda orang gratisan?
      OS iPhone itu mahal, tapi iOS ngga mengenal LAG, dan sangat kecil kemungkinan untuk CRASH. Itulah mengapai 5S dirancang unibody (ngga bisa lepas battery).

      Nah... Kalau di android dengan spec RAM cuma 1 atau 2 GB, yang namanya CRASH itu sangat besar kemungkinan terjadi nya. Itulah mengapa rata-rata android belum menggunakan desain unibody. Karena sering CRASH :D

      Apa agan ngga malu HP harga diatas 5 juta tapi BONGKAR CASING, LEPAS BATTERY, PASANG BATTERY, TUTUP CASING??? Itu HP apa TAMIYA???

      Hapus
  6. Wkwkwk pikir dulu bro iphone 5s aja yg RAMx 1gb udah lebih cepet samsung s5 coba ramx 2gb sama kayak s5 liat tu cepetx corex aja kalah sama s5 tapi tetep s5 lemot kayak siput wkwkwk mana lagi ltex s5 lemot banget lagi wkwkwk iphone 6 dah kluar wkwwkwk buat apa tu s5 speed test gammingx aja lama tu s5 aplikasix sampah semua lagi wkwkwkk iphone di jb aja aplikasix itu resmi wkwkwk coba android itu hp kok di pake banyak merek tukang selingkuh wkwkwk coba iphone ya tetep produk apple wkwkwk tanpa apple tak akan ada komputer dan gadget wkwkwk mangkanya nonton dong filmx steve job perjuanganx buat apple tu seberat apa wkwkwkk android ma windows cuma bisa copy doank bikin karya dewe donk wkwkwkwk mangkanya kebaxakan orang ber uang lebih suka pake apple karna dia tu nomer 1 best deh wkwkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bgt gan....tahun 2015 the best smartphone terbaik di ajang global mobile award yg di gelar di barcelona kiblat nya handphone yg menang iphone 6 mana ada nama samsung ya kata nya kamera...ram....prosesor...desain... Layar lebih bagis di banding iphone... Kata nya lho ya

      Hapus
    2. intinya 1. kalo anda ingin kejar spec pilih ajah android dan tunggu sampe bisa kalahin intel xeon E7 dan ram 128GB. tapi jika anda ingin buat bisnis dan musik iPhone lah jagonya.... ane make ipod 5 dual core 1ghz ram 512mb visual game nya sama musik lancar ajah ga pernah ngeluh walau semua app gua buka... itu lah kenapa gua milih apple... BUAT APA SPEC GEDE KALO DUAL CORE BISA MENANG JAUH.? liat ajah antutu iphone 6s dan samsung S6. iphone punya benchmark 133.781 denga teknologi 2GBram dan Dual-core 1.84 GHz Twister. Sedangkan samsung 67.520 prosesor Exynos 7420 Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57 Octa-Core 3GB ram... apa ga malu..? liat brita gan

      Hapus
  7. Dari dulu iphone itu selalu jadi inovasi vendor lawan"nya..
    tidak seperti merek lain yang selalu meniru..
    dengan janji PIXEL lebih besar..
    Ram lebih gede..
    serta memory yang badak..
    tapi isinya melompong..
    ibarat besar badan tapi otaknya nihil..
    tentu iphone lebih baik dari semua lawannya
    apalagi prosesor iphone dari dulu yang tidak on board seperti samsung dll, membuat main game berat tanpa ada lag sedikit pun

    BalasHapus
  8. Untuk apa ram gede 2/3 gb.. Iphone ram 500 mb aja udah ngebut.. Apalagi 1 gb.. Fine bro.. Ios menggunakan intregasi managemen terbaik di dunia.. Sedangkan os lain masih mnggunakan os lag yang lebih banyak.. Wajar jika harus menggunakan ram di atas 2 gb..
    Coba tanding dengan iphone 1 gb ram.. Tetep menang iphone dehh.. Di jamin..

    BalasHapus
  9. Samsung s5 niru iphone 5 s tpi bagusa iphone ,skarang kan ada iphone6 nati samsung psti ada samsung6

    BalasHapus
  10. tekhnologi 2 tahun yang lalu?
    sekarang yang lo beli, kebaruan tekhnologinya atau kualitas tekhnologi nya. kalau soal kebaruan tekhnologi dan inovasi. lo liat oppo yang muter muter kamera depan belakang. apa lo perlu itu?
    gue, pake iPhone 4 dengan tekhnologi yang udah ketinggalan jauh bertahun-tahun. tapi, sejauh ini gue sangat puas. Never Lag, Never hang, Never not respond. so? cerdas lah sebagai konsumen.

    BalasHapus
  11. Aku bingung s5 spek lebih tapi kalah sama iphoje yang speknya kurang

    BalasHapus
  12. I LOVE APPLE, I LOBE IPHONE, I LOVE JB. tahan banting dan tahan harga saat dijual kembali. hihihihi...
    aku termasuk penggila android sebelumnya, samsung. tapi setelah saya mengetahui iPhone, walau itu iPhone4 (lama banget kan yah), teknologinya itu tetep cusssss dibanding sambung tab aku. dan saat dijual lagi, samsung relatif anjloknya jaohhhhh banget.. -_-...

    BalasHapus
  13. Hello Apple Menang brand. .. kualitas nya biasa aja ..saya pengguna ipad iphone ipod MacBook. .. tetapi sya lebih..tertarik pada ipod dan MacBook. ...

    Tetapi untuk urusan Phone lebih baik samsung...atau Lg g3 .. keduanya punya Flagship killer. .
    Android very easy. .uang juga tak banyak keluar. ..berbanding Ios ..

    BalasHapus
  14. Apple memang kiblatnya gadgets.. Buat loe yg blum kenal apple loe bakal sadar kalo udah liat film biografinya steve jobs...

    BalasHapus
  15. iPhone real..smartphone yg sebenarnya..benar2 smartphone

    BalasHapus
  16. Samsung wins all hardwares,,,,iphone looses,,,iphone tricks with softwares to fool rich peoples.

    BalasHapus
  17. Ttp ajh ngemplung di air mah mati gk kaya si Sony Wkwkwkwkkkkk

    BalasHapus
  18. iphone memang ram kecil tp effisiensi nya sangat baik sehingga tak perlu membutuhkan ram besar ,sedangkan android ram besar karena os nya tidak bisa se efisien ios, jd kesimpulanya hardware n spesifikasi itu tidak menemtukan ,tp yg menentukan itu adalah os yang effisien,

    BalasHapus
  19. android sekarang memang lagi gembor2 gadget anti air tp iphone 6s sekarang jg sudah anti air,memang tudak tertulis disitus resmi apple,dikarenakan buat apa smartphone yg gembor2 anti air tiba2 rusak terkena air, lebih baik konsumen kaget ketika iphone 6s nya yg jatuh ke air tidak mengalami apa2,dari pd gembor2 n pamer certifikat water resistant tp bisa rusak ketika masuk ke air, bisa di cek di youtube bahwa water resistant iphone 6s lebih baik dr pada smartphone android lain,krn iphone 6s semua komponen satu per satu terbungkus bahan anti air sedangkan untk android cuma bagian luarnya setelah casing dan sebelum komponen mesin,sedangkan iphone6s setiap komponen dalam mesin dilindungi pembungkus anti air ,cek aja diyoutube

    BalasHapus
  20. yang gak ngerti iphone ya wajar komentarnya pada begok...beli dulu baru ngerti mah!! gw pakai iphone 5s..ram 1 gb tapi ingat itu cuma buat beroperasi. instalan aplikasi tidak pernah memakai ram 1gb tersebut!! makanya iphone selalu kuat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan ane maen aspalt 8 di iOS yg ram nya 512 prsesor A5 alus tenan iye teh... d banding android walau gembor ram sama prosesor buat apa..?? kalo masih kalah sama dual core..?

      Hapus
  21. Samsung dan iphone punya kelebihan masing2...
    Info lahan pemakaman keluarga di San diego hills memorial park,info klik www.managersandiegohills.com

    BalasHapus
  22. Rencana mau beli hp baru, bingung antara samsung atau iphone. dalam lubuk hati nurani yang terdalam sih pengennya beli iphone 5s sekalian pengen nyicip teknologi ios. ketakutanku adalah pake iphone mahal, gampang rusak kalo jatoh lah, service mahal, pokoknya perawatannya mahal (bener gak sih?). sekalian tips make iphone bagi pemula kek saya (apa yang harus dilakukan ketika sehabis beli iphone) makasih :))

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel