Bagaimana mentransfer, edit dan back-up kontak di dalam iPhone dengan CopyTrans

Jika kamu baru aja ganti iPhone, atau baru aja ngebersihin alamat kontak di iPhone-mu, maka mungkin kamu bakal tanya beberapa pertanyaan berikut: Bagaimana mem-back-up kontak dalam iPhone, bagaimana mentransfernya ke dalam iPhone baru, dan bagaimana mengedit kontak tersebut dengan cepat dan mudah.

Jika kamu browsing di internat, kamu bakal nemu banyak sekali aplikasi iPhone yang dapat membantumu memindahkan kontak dalam iPhone. Bisa jadi kamu telah mengenal iCloud yang menyimpan kontak dan seluruh data privasimu di server asing. Tapi, jika kamu sedang mencari satu solusi untuk mengelola kontak dalam iPhone untuk diback-up dalam PC, kamu bakal jarang menemukannya.  Maka dari itu, di langkah pertama ini, saya akan memberi tahu satu aplikasi yang memungkinkan kamu untuk memback-up, mengedit, dan menambah kontak atau grup iPhone ke dalam PC.  Setahu saya, cuman ini satu-satunya aplikasi yang bisa mem-back-up kontak dalam iPhone ke dalam PC.

1. Download dan InstallDownload aplikasi tersebut melalui halaman berikut: http://www.copytrans.net/iphone-contacts.php. Setelah proses download selesai, buka folder zip lalu ekstrak file bernama "CopyTransContacts.exe". Kopi file tersebut ke dekstop lalu klik dua kali pada ikon tersebut untuk memulai.

2. Mengelola kontak iPhone ke dalam PCBuka program "CopyTrans Contacts", lalu sambungkan iPhone ke PC. Tunggu beberapa saat hingga kontak iPhone muncul. Di sini ada dua pilihan fitur, satu: "Export selected iPhone contacts" dan dua: Import contacts to the iPhone."

Di kolom sebelah kiri, akan kamu temui satu sesi kelompok dimana kamu bisa menambah atau menghapus grup kontak dalam iPhone. Tepat di bawah kontak iPhone yang terdaftar. Dengan menekan tombol kecil bertuliskan "A-Z", kamu bisa menentukan pilihanmu untuk mengurutkan daftar kontak iPhone. Jika kamu mengklik kanan pada kontak, akan kamu temui fitur seperti "Edit iPhone contact", "Export" dan juga "Delete." Jika kamu ingin memback-up kontak dalam iPhone, ikuti langkah berikut:

3. iPhone contacts transfer/backup to PCPilih kontak yang ingin kamu back-up, lalu klik "Export selected." Pilih folder di mana kamu ingin menyimpan kontak tersebut. Alternatif lain, kamu bisa mengklik dan menahan serta menarik kontak dalam iPhone ke folder yang ada di dalam PC. Di jendela lain, pilih "iOS (=iPhone, iPod Touch dan iPad).

Semua kontak yang ada di iPhone kini telah tersimpan sebagai "vcards" dan dapat dikembalikan ke dalam iPhone lagi sewaktu-waktu. Untuk memasukkan kontak yang ada di iPhone lama ke dalam iPhone baru, sambungkan iPhone baru dengan PC lalu klik "Import contacts." Pilih file "vcards" (*.vcf) dari komputer, lalu klik "OK." Kini semua kontak yang ada di iPhone lama telah berhasil dipindah ke iPhone baru.

4. Edit dan grup kontak iPhoneDengan aplikasi PC ini, kamu bisa pula mengedit kontak yang ada dalam iPhone dengan kibor PC. Kamu bisa juga menambah, mengedit, memberi alamat email, nama, orang terkait, serta foto dari kontak tersebut. Untuk membuka fitur tersebut, klik ikon pensil warna hijau. Dengan mengorganisasi kontak yang ada dalam iPhone, maka kamu bisa membuat grup kontak. Maka dari itu, klik ikon "+". Untuk menambah kontak ke dalam suatu grup, drag kontak yang dipilih ke dalam grup.

Tips
Bisa juga kamu mengekspor kontak dalam iPhone ke Outlook, Gmail, Yahoo!, Windows Contacts, dst.
Hal yang perlu diperhatikan: My Contacts Backup digunakan untuk mengekspor kontak dalam iPhone ke dalam format vcard atau csv. Grup: Untuk membuat grup kontak dalam iPhone, dan untuk mengirim pesan dalam jumlah banyak ke beberapa kontak, dst.

Peringatan
Hanya bekerja untuk PC dengan sistem operasi Windows
Program ini baru bisa dipakai secara gratis setelah kamu membagikan informasi program ini via Facebook, Twitter, dst.(Wikihow/iPhone-OI/nugrohoirfan)

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana mentransfer, edit dan back-up kontak di dalam iPhone dengan CopyTrans"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel