3 Cara Ampuh Mematikan Suara Kamera iPhone


Beberapa pengguna iPhone mengaku kesal karena tidak bisa mematikan suara kamera mereka saat mengambil foto. Ya, di beberapa kawasan seperti Jepang dan Korea Selatan, iPhone sengaja menghilangkan opsi untuk mematikan suara kamera, bahkan membuang fitur “Silent”. Kenapa? Lalu bagaimana cara mematikan suara kamera pada iPhone kamu? Teruskan membaca:


Kenapa kamera iPhone tidak bisa di silent?


Rahadia, seorang kontributor di Apple Service Center (non-resmi) IREPAIR ABA, mengatakan bahwa kamera iPhone tidak bisa di silent karena memang dirancang khusus untuk menjauhkan pelakunya dari perbuatan maksiat, seperti mengintip isi rok wanita. Jepang kan kepikirannya? Ya, di Jepang, iPhone sengaja menonaktifkan fungsi “Silent” dan semua kamera iPhone buatan sana tidak bisa di silent.

Tetapi saya yakin, pembaca iPhoneIndo tidak seperti itu. Ingin mematikan suara kamera iPhone karena ingin motret anak pas lagi bobok, atau ingin ambil foto kucing yang lagi lucu-lucunya. Kan tidak asyik kalau pas lagi bobok, kita foto, eh malah bangun?

Maka tenang, ini ada 3 cara untuk mematikan suara kamera iPhone.

Cara #1 Mematikan Suara Kamera iPhone dengan Sakelar Dering/Senyap (Ringer/Silent Switch)


Satu dari sekian fitur yang dimiliki iPhone tapi ga ada di smartphone lain adalah sakelar fisik Dering/Senyap, bahasa Inggrisnya Ringer/Silent Switch. Lokasinya ada di samping. Lihat gambar:

Dengan sakelar ini Anda bisa mematikan suara iPhone. Tetapi ingat, ternyata di beberapa negara sakelar ini sengaja ga dipasang. Dalam rilisnya Apple mengatakan:

“Bisukan suara dengan sakelar Dering/Senyap di sisi iPhone Anda. (Di beberapa negara atau kawasan, fitur ini dinonaktifkan).

Cara #2 Mematikan Suara Kamera di iPhone dengan Mengurangi Volume


Cara lain membuat iPhone kamu senyap saat mengambil foto atau memakai kamera adalah dengan mengurangi volume.

Pastikan Anda mengurangi volume sebelum membuka Camera app. Baca lagi, SEBELUM. Kurangi volume SEBELUM membuka Camera iPhone. Kenapa?

Karena kalau Anda buka dulu aplikasi Camera, lalu baru mengurangi volume, nanti ujungnya Anda mengambil foto dengan mode Burst, lengkap dengan suaranya! Nah, lo!

Burst apaan sih? Burst itu kamu ambil foto dengan sekali pencet, maka gambar yang diambil bakalan banyak banget. Tujuannya biar kamu bisa milih satu yang menurutmu bagus.

Jadi, tekan tombol volume di samping Sakelar Dering/Senyap di sisi kiri iPhone, atau buka Control Center dan sesuaikan volumenya dari sana. Senyap atau Silent itu kalau Anda sudah melihat gambar speaker digaris miring.

iPhone Control Center Volume to Mute

Cara #3 Mematikan Suara Kamera iPhone dengan Live Photos


Satu lagi cara untuk menonaktifkan suara kamera adalah mengaktifkan Live Photos. Di Camera App, ketuk lingkaran “Live Photos” di bagian atas. Kalau sudah kuning, Anda akan segera melihat pesan “Live” berwarna kuning di bagian atas.

Kekurangan cara ini adalah Anda akan mengambil foto dengan mode Live Photos, bukan foto normal. Tetapi lumayanlah kalau ingin mematikan suara kamera iPhone.

iPhone Enable Live Photos to Mute Camera Sound

Penutup

Baik, iPhone sudah baik banget mau menghilangkan fitur Silent biar tidak dipakai buat ngintip cewek. Maka tolong jangan salah gunakan tips iPhone kali ini. Juga, kalau pas ke masjid mau salat berjamaah, kalau ketiga cara ini tidak bisa, ya udah dimatiin dulu saja. Nanti habis zikir dan doa sehabis salat ya dihidupkan lagi.

Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "3 Cara Ampuh Mematikan Suara Kamera iPhone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel