Bagus Mana? iPhone SE atau iPhone 6S


Apple akhirnya ngeluarin iPhone versi "murah" bernama iPhone SE, yang merupakan kombinasi antara iPhone 5S di luar dan iPhone 6S di dalam. Jadi, yuk kita bandingin bagus mana antara iPhone SE dengan iPhone 6S.

Ukuran
Kalau loe inget ukuran iPhone 5 dan iPhone 5S (dibuat tahun 2012 dan 2013), maka iPhone SE ini sama persis ukurannya dengan kakak dua atau tiga tingkatnya itu. Yang lama kini jadi baru lagi, bro!

Artinya, iPhone SE ini 10 persen lebih pendek dan 12 persen lebih sempit ketimbang iPhone 6S. Apple ngeluncurin iPhone SE sengaja dalam ukuran "kecil" biar gadget segede gaban, yang loe megangnya harus pake dua tangan, nggak jadi budaya di masa depan.

Nah, kalau loe memang juga punya pandangan serupa, ya ini pilihannya, iPhone SE; bukan Samsung Galaxy S5 ke atas yang musti dipegang pake dua tangan.

Berat
iPhone SE dibuat lebih ketimbang kakaknya, iPhone 6S. Oleh karena itu, iPhone SE 22 persen lebih ringan ketimbang iPhone 6S.

Bentuk
Seperti yang udah gue bilang di awal, desain iPhone 5s kembali hidup di iPhone SE. iPhone 5S sendiri adalah titik awal perubahan drastis di diri iPhone, yang semula memakai casing belakang plastik menjadi almunium. Tren itu terus berlanjut, sampai iPhone 6S dan juga SE.

Pilihan warna
Apple iPhone SE punya empat pilihan warna, persis seperti iPhone 6S.

Ukuran Layar
Memang sih, sampai di iPhone 6S, ukuran display iPhone terus saja membesar. Tren ini lalu distop dengan munculnya iPhone SE yang lebih kecil. Yap, bener! Lebih kecil. Karena iPhone 6S adalah 38 persen lebih besar ketimbang iPhone SE.

Resolusi Layar
Ndak tahu kenapa kok Apple sepertinya belum kepengen terlibat di dalam Perang Kepadatan Piksel yang sudah lazim di Android dalam empat atau lima tahun terakhir. Baik iPhone 6S atau iPhone SE sama-sama memiliki kepadatan piksel dengan kakak mereka yang dibuat tahun 2010.

3D Touch
Inilah pembeda yang paling kentara antara iPhone 6S dan iPhone SE. 3D Touch adalah fitur yang tidak terdapat di iPhone SE, atau di versi-versi terdahulu. Fitur ini cuman ada di iPhone 6S.

Chip
Selama beberapa tahun terakhir, banyak pengembang Smartphones yang memakai prosesor kelas atas untuk ponsel besar. Meski kecil iPhone SE memakai prosesor yang jempolan! Dengan Chip A9, iPhone SE emang jagoan!

RAM
Baik iPhone 6S ataupun iPhone SE sama-sama punya RAM 2GB

Penyimpanan
OK, iPhone sepertinya kurang sip soal penyimpanan. Banyak yang pengen agar iPhone bisa lebih gede penyimpanan internalnya, yang sekarang juga masih aja 16GB. Padahal, ukuran foto atau aplikasi udah semakin gede. Samsung aja misalnya, produk terbaru mereka hadir dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 32GB, itu pun bisa ditambah memori eksternal. Inilah yang ndak dipunyai iPhone.

Baterai
Satu, ukuran layar iPhone SE lebih kecil. Dua, pikselnya juga lebih rendah. Jadi, data tahan baterainya pun juga lebih lama. Bisa nyampai 10 jam, Vroh! Lebih tahan lama ketimbang iPhone 6S atau Samsung Galaxy S7.

Camera megapixels
Kualitas megapixels kamera belakang iPhone SE sama bagusnya dengan iPhone 6S, tetapi kamera depannya, broh! Waaaw!

Sensor sidik jari
Emang sih ada sensor sidik jarinya, tetapi Touch ID iPhone SE gak sekeren saudaranya iPhone 6S. Karena yang dipakai di iPhone SE tu setara dengan yang dipakai keluaran Apple tahun 2015 ke sana.

Apple Pay
iPhone SE ndak mau kalah dalam hal ini. Karena udah punya NFC Chip dan elemen yang aman di dalamnya, iPhone SE pantas punya Apple Pay.

Always-on Siri
Asisten suara yang selalu siap mendengarkan sudah tersedia di Android sejak pertengahan 2013, tetapi baru ada di iPhone dua tahun kemudian, yaitu sejak 2015. iPhone SE juga punya "Hey Siri!" Sepertinya nggak mau kalah.

Software
Apple belum berani meluncurkan perangkat iOS baru dengan software jadul, jadi iPhone SE dan iPhone 6S juga tetep make iOS 9.

Peluncuran
iPhone SE siap untuk dipesan sekarang. Pengiriman bakal dilayani mulai 31 Maret 2016 besok.

Harga iPhone SE
Ingat iPhone 5c, salah satu produk gagalnya Apple? kenapa produk gagal? Ya karena dengan fitur di bawah iPhone 5S, bukan hanya soal Spek tetapi juga bentuk, iPhone 5C cuman dikasih "diskon" USD100 ketimbang iPhone 5S. Harga iPhone 5C kala itu mahal banget, USD549! Nah, Apple sepertinya belajar banyak dari hal itu. Kini iPhone SE "cuman" USD399.

Sumber: Gizmag

1 Komentar untuk "Bagus Mana? iPhone SE atau iPhone 6S"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel