Kini Tuna Netra Bisa Melihat dengan Aplikasi Microsoft di iPhone

Microsoft merilis pada Rabu 13 Juli 2017 sebuah aplikasi smartphone yang jauh lebih ambisius daripada sekedar aplikasi Office. Aplikasi ini bisa membantu saudara kita penyandang tunanetra untuk bisa melihat.

Aplikasi gratis bernama Seeing AI (baca: Seeing E Ai) tersedia untuk iPhone dan bisa membaca tulisan, menggambarkan orang, mengidentifikasi produk, membaca nilai uang kertas, serta menggambarkan kondisi sekitar pemilik iPhone penyandang tunanetra.

Aplikasi ini menggunakan kamera iPhone, didukung dengan mesin pembelajar Microsoft serta algoritma penebalan gambar. Akan tetapi, developer aplikasi ini tidak mengatakan apakah aplikasi ini juga akan tersedia untuk Android smartphone.

Seeing AI diambil dari nama proyek penelitian Microsoft ketika mengembangkan aplikasi ini. Perusahaan yang bermarkas di Redmond ini membeberkan rencananya tahun lalu, di mana salah seorang teknisi Microsoft yang tunanetra sejak berumur 7 tahun, Saqib Shaikh, mampu mengidentifikasi objek disekitarnya.

Aplikasi ini tersedia di Amerika Serikat, Kanada, India, Selandia Baru, dan Hong Kong.



Dengan aplikasi ini, penyandang tunanetra yang memiliki iPhone bisa membaca buku cetak dengan mengarahkan kameranya ke salah satu halaman. Otomatis aplikasi ini akan bersuara sesuai dengan apa yang dia baca di halaman tersebut.

Aplikasi ini juga membantu penyandang tunanetra mengidentifikasi orang-orang disekitarnya. Cukup dengan mengarahkan kamera ke orang di sekitarnya, aplikasi ini akan memberi tahu apakah orang itu sedang tersenyum, sedih, atau lainnya.

Sumber: SeattleTimes

Video: YouTube

Belum ada Komentar untuk "Kini Tuna Netra Bisa Melihat dengan Aplikasi Microsoft di iPhone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel