iPhone untuk Mendeteksi Penyakit Kanker

Sekelompok peneliti di Washington State University telah mengembangkan satu laboratorium mobile yang bisa mendeteksi kanker tanpa harus ke rumah sakit.

Yang menarik adalah, pendeteksi kanker ini memakai Smartphone. Dan yang bikin terkagum-kagum adalah Smartphone ini tidak perlu yang paling baru. Alat ini bisa dipakai di iPhone 5. Tua banget, kan?

Dan jangan kaget lagi kalau ternyata hasil deteksi kanker pakai iPhone 5 memiliki tingkat akurasi 99%. Allahu Akbar!

Tim peneliti ini dipimpin oleh seorang asisten profesor Lei Li yang menjelaskan bahwa laboratorium mobile ini menggubakan spectrometer untuk menganalisa delapan sampel sekaligus.



Alat ini mengukur spektrum cahaya untuk menentukan jumlah dan jenis kandungan kimiawi yang ada di dalam sampel.

Menurut Lei Li, iPhone 5 bisa dipakai untuk mendeteksi interleukin-6 (IL-6) yang merupakan biomarker untuk kanker paru-paru, kanker liver, kanker payudara, kanker prostate, dan kanker kulit epithelial.

"Dengan spectrometer delapan channel ini, kami bisa menaruh delapan sampel di satu uji lab yang sama, atau satu sampel di delapan tabung yang berbeda untuk melakukan delapan uji lab. Ini jelas meningkatkan kegunaan alat kami," ujar Li.

"Specteometer ini akan sangat berguna khususnya di klinik dan rumah sakit yang punya banyak sampel tetapi nihil laboratorium, atau bagi dokter yang bekerja di luar negeri atau di lokasi terpencil. Kan mereka ndak bisa bawa semua perabotan lab. Mereka butuh alat yang portabel dan efisien."

Untuk saat ini, Li beserta tim menggunakan iPhone 5 sebagai percobaan. Dia sedang mengupayakan agar ke depan bisa dipakai di semua Smartphone.

Sumber: Slashgear.Com

Belum ada Komentar untuk "iPhone untuk Mendeteksi Penyakit Kanker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel