Bagus Mana? Sony Experia Z3 atau Apple iPhone 6


Ketika banyak perusahaan yang berfokus pada peluncuran rangkaian produk smartphone berharga miring, Apple dan Sony justru mendedikasikan diri untuk membuat desain suatu produk yang dahsyat bagi pengguna.

Apple iPhone 6 dan Sony Xperia Z3 tidak hanya menyedot perhatian seluruh pasar, tetapi juga membuat standar baru dalam kompetisi smartphone di pasaran. Tapi, bagaimana jika kedua gadget yang sama-sama atraktif ini dibandingkan satu sama lain? Bagusan mana coba? Mana dari keduanya yang sama-sama berorientasi performa ini yang menjadi pemenangnya? Mari cari tahu!

DesainSony bisa secara konsisten menjaga kesan stylish pada perangkat smarphone yang mereka buat selama ini. Xperia Z3 mampu mempertahankan citranya dengan menawarkan model yang menawan kepada pengguna. Dirilis sebagai bagian dari keluarga Xperia Z, panel depan dari smartphone ini terdiri dari logo Sony, speaker, sensor, dan kamera depan di bagian atas. Tidak ada tombol fisik di panel depan sehingga desainnya pun menjadi lebih maksimal halusnya. Di dekat logo Sony di bagian depan, ada kamera depan yang begitu brilian, lengkap dengan lampur Flash LED.

Di sisi lain, iPhone 6 adalah produk terbaru Apple yang menandai perombakan besar-besaran pada desainnya jika dibanding keluaran sebelumnya.  Meski Apple selalu menaruh perhatian pada ukuran bentuk fisiknya, iPhone 6 diproduksi dengan layar yang lebih lega daripada versi sebelumnya. iPhone 6 memiliki satu speaker dan kamera depan di bagian atas depan, serta tombol Home yang khas milik iPhone selama ini. Ada pula lampu Flash LED di kamera depannya yang terletak di pojok kiri atas bagian depan.

Pemenang: Imbang

Tampilan
Ukuran layar dari kedua perangkat ini jelas berbeda. Jika iPhone 5 diproduksi dengan layar sentuh 4,7 inci LED-backlit IPS LCD, Xperia Z3 diproduksi dengan layar yang sedikit lebih lebar, yakni 5,2 inci, dengan layar sentuh IPS LCD capacitive. Selain itu, ada pula perbedaan signifikan pada resolusi dari kedua smartphone tersebut, di mana Xperia Z3 memiliki kepadatan pixel sebesar 424 PPI, lebih unggul daripada iPhone 6 yang hanya berada pada angkat 326 PPI. Akan tetapi, layar tampilan dari kedua smartphone ini sama-sama memiliki lapisan pelindung Shatter.

Pemenang: Sony Xperia Z3

Sistem Operasi
Apple senantiasa dikenal karena keunikannya dalam hal sistem operasi. Dengan kehadiran iOS 8 pada iPhone 6, tidak ada satu pun perangkat smartphone di luar pabrikan Apple yang bisa menyamainya. Di sisi lain, Xperia Z3 diproduksi dengan Sistem Operasi Android yang lebih terkenal. Menampilkan versi terbaru dari Android KitKat 4.4.4, Xperia Z3 menawarkan platform yang mengesankan kepada pengguna. Selain itu, perangkat ini juga dapat di-upgrade menjadi Andoir 5.0 (Lollipop).

Pemenang: Imbang

Hardware dan Penyimpanan
Smartphone Sony Xperia Z3 berjalan dengan chipset Qualcomm Snapdragon 801 dengan kecepatan 2.5 GHZ Krait 400 dan prosesor Quad Core. Fitur ini mmampu menyuguhkan kenyamanan dan kelancaran ketika memainkan game-game beresolusi tinggi. Sebaliknya, iPhone 6 diproduksi dengan Chipset Apple A8 dan 1.4 GHz Cyclone dan prosesor Dual Core. Oleh karena itu, konfigurasi hardware dari kedua smartphone di atas memang cukup powerful untuk dipasang sejumlah aplikasi yang berkualitas jempolan.

Tetapi, jika berbicara masalah penyimpanan, maka Sony Xperia Z3 dan iPhone 6 akan terlihat jelas perbedaannya. Jika Xperia Z3 hanya menawarkan opsi kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB dan 32 GB, maka iPhone 6 dipasarkan dengan tiga pilihan kapasitas penyimpanan, 16 GB, 64 GB, dan 128 GB. Untuk RAM, Xperia Z3 serasa jauh lebih unggul dengan 3GB RAM, sedang iPhone 6 hanya 1GB RAM. Selain itu, Anda bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan Xperia Z3 hingga 128 GB dengan menggunakan microSD card. Fitur inilah yang tidak ada pada iPhone 6.

Pemenang: Sony Xperia Z3

Keputusan

Memiliki nilai yang lebih tinggi soal penampilan dan performa, Sony Xperia Z3 layak untuk dinyatakan sebagai pemenang dalam perbandingan kali ini. Selain itu, harganya pun juga lebih berpihak kepada Xperia Z3 yang hanya €470, lebih murah €50 daripada iPhone 6 yang dijual €520. (Thefusejoplin/iPhone-OI)

1 Komentar untuk "Bagus Mana? Sony Experia Z3 atau Apple iPhone 6"

  1. Sama2 punya kelebihan masing2 antara iphone 6 banding sony xperiaZ3..
    Info lahan pemakaman keluarga di San diego hills memorial park,info klik www.managersandiegohills.com

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel