Bagus mana? Samsung Galaxy S4 Mini atau Apple iPhone 5C?

Samsung Galaxy S4 Mini versus Apple iPhone 5C Bagus Mana?

Oleh Tony Crammond
Apakah Samsung Galaxy S4 mini lebih bagus daripada Apple iPhone 5C?

Tahun 2013 merupakan tahunnya Smartphone, ditandai dengan keluarnya banyak sekali produk-produk ponsel pintar di pasaran. Banyak pula produsen smartphone yang melakukan pengembangan produk-produk mereka dengan membuat gadget yang lebih murah dari salah satu produk mereka yang sukses di pasaran dengan harapan agar banyak orang dengan uang terbatas mampu memiliki gadget murah dengan kualitas ekstra.

Dua smartphone yang dimaksud adalah Samsung Galaxy S4 Mini dan Apple's iPhone 5C. Kedua produk tersebut adalah versi mini dari dua produk andalan pabrik tersebut di pasaran. Maka ayo, Gan! Kita bandingkan keduanya.

Tampilan (Display)
Apple iPhone 5C memiliki layar 4 inchi, dengan teknologi layar sentuh kapasitif tipe IPS LCD yang mampu menampilkan 16 juta warna dan mendukung input multi-touch. Apple iPhone 5C memiliki densitas resolusi sebesar 326 pixel per inchi.

Samsung Galaxy S4 Mini, musuhnya, dilengkapi dengan tampilan layar yang lebih besar, yakni 4.3 inchi dengan teknologi layar sentuh kapasitif Super AMOLED yang juga mampu menampilkan 16 juta warna. Namun perlu diingat, Samsung Galaxy S4 Mini memiliki densitas resolusi yang lebih rendah, yakni sekitar 256 pixel per inchi. Meski begitu, Samsung Galaxy S4 Mini juga mendukung input multi-touch dan akan lebih OK dengan salutan Gorilla Glass 2.

Arus (Power)
Apple iPhone 5C diproduksi dengan chipset A6 yang terdiri dari prosesor dual-core 1.3 GHz dan PowerVR SGX 543MP3 GPU. Smartphone ini memiliki RAM sebesar 1GB dengan kapasitas penyimpanan sebesar 16 GB atau 32 GB. Yang perlu diperhatikan, iPhone 5C tidak dilengkapi dengan slot memory card.

Musuhnya, Samsung Galaxy S4 Mini diproduksi dengan chipset Snapdragon tipe Qualcomm MSM8930 yang didukung dengan prosesor Krait dual-core 1.7GHz dan sebuah Adreno 305 GPU.  Samsung Galaxy S4 Mini dilengkapi dengan RAM sebesar 1.5GB dan media penyimpanan internal sebesar 8GB. Yang membedakannya dari iPhone 5C adalah adanya slot Micro SD yang memungkinkan penambahan kapasitas penyimpanan hingga 64GB.

Perangkat Lunak (Software)
Apple iPhone 5C menggunakan sistem operasi Apple iOS7 yang bisa diperbarui menjadi Apple iOS 7.0.4. Sistem operasi iPhone 5C terkenal karena sistem kerjanya yang sederhana, dan meski tampilan antarmukanya yang baru ini nampak terpisah-pisah, namun yang pasti prosesor iPhone 5C memang lebih baik daripada yang lain.

Dengan sistem operasi iOS7 atau iOS7.0.4, kamu bisa mengakses Apple App Store dan iTunes jika ingin mengunduh aplikasi, musik, atau video yang kamu mau.

Samsung Galaxy S4 Mini, musuhnya, merupakan peralatan tipe Android, yang versi terbarunya sekarang baru mencapai seri 4.3 atau Jelly Bean. Kami sendiri tidak yakin apakah Samsung Galaxy S4 Mini bisa diperbarui ke versi KitKat, namun Januari silam ada yang menyebut bahwa hal tersebut bisa saja dilakukan. Namun saat ini, Jelly Bean merupakan suatu Perangkat Lunak (Software) yang lumayan bagus, yang mampu memberikan antarmuka mendekati musuhnya iPhone 5C.

Bentuk (Design)
Apple iPhone 5C memiliki bentuk atau dimensi 124.4 x 59.2 x 9mm, 132g.

Samsung Galaxy S4 Mini datang dengan dimensi 124.6 x 61.3 x 8.9mm, 107g (lebih ringan lebih lebar).

Samsung Galaxy S4 Mini memiliki desain yang mirip dengan versi besarnya, Samsung Galaxy S4, jadi kalau kamu pakai smartphone ini, orang ga akan ngira kalau yang kamu tenteng itu Galaxy S4 Mini. Namun gimana pun juga, kalau kamu nenteng iPhone 4S atau HTC One, tentu lebih OK. Samsung Galaxy S4 Mini juga mirip (meski dikit sih) dengan Apple iPhone 5C, namun Samsung Galaxy S4 Mini lebih ringan, cocok buat kamu yang tidak ingin menderita pegal-pegal karena membawa gadget (yah, emang sekuintal beratnya ampe pegel-pegel segala?).

Tersedia dalam dua pilihan warna, hitam atau putih. Biasanya smartphone putih lebih mahal karena musti pakai sun-cream, whitening, conditioner, dll (lah, kayak cewek ajah?).

Beda dengan Apple iPhone 5C yang tersedia dengan banyak pilihan warna, ada yang pink, kuning, biru, hijau, dengan casing yang terbuat dari polikarbonat.  Hal inilah yang membuat iPhone berbeda dari smartphone lainnya, tidak terbuat dari besi, namun nampak premium di tangan.

Kamera
Kedua smaprtphone tersebut dilengkapi dengan kamera utama 8MP dengan fitur geo-tagging, fokus, pendeteksi wajah, HDR, dan panorama. Keduanya bisa menghasilkan video 1080 pixel pada kecepatan merekam 30 frames tiap detik.

Analisa Akhis
Kedua barang sama-sama tersebut punya keunggulan. iPhone 5C punya layar yang lebih bagus sedangkan Samsung Galaxy S4 Mini bisa bertahan lebih lama daripada iPhone 5C. Perangkat Lunak (Software) dan bentuknya cenderung subjektif, jadi agak sulit menentukan mana yang lebih bagus, apakah Samsung Galaxy S4 Mini atau Apple iPhone 5C. Hal sama juga berlaku pada kamera kedua smartphone tersebut.

Mungkin, faktor yang paling penting di sini adalah harga. Ya harga lah pastinya! Apple iPhone 5C dibanderol dengan harga sekitar US$ 595, sedangkan Samsung Galaxy S4 Mini mulai dijual pada kisaran harga US$385. (Thefullsignal/iPhone-OI.blogspot.com)


*Artikel ini diterjemahkan dari English ke Bahasa Indonesia oleh Irfan Translator Pro

1 Komentar untuk "Bagus mana? Samsung Galaxy S4 Mini atau Apple iPhone 5C?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel